Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Surat Keluar


Buku Surat Keluar

apa perbedaan buku ekspedisi surat dengan buku surat keluar ?

Daftar Isi

1. apa perbedaan buku ekspedisi surat dengan buku surat keluar ?


kalau buku ekspedisi yaitu buku berupa petualangan atau penjelajahan sesuatu, sedangkan buku surat keluar yaitu buku yang memiliki nilai nilai yang tidak tersuratBuku Ekspedisi disebut  juga “Buku Pengantar Surat” untuk mencatat pengiriman surat kepada pihak lain. Orang yang melaksanakan pekerjaan ekspedisi disebut ekspeditur. Buku ekspedisi terbagi tiga, yaitu:

1.      Buku ekspedisi extern (luar kota) ini digunakan untuk mengirim surat kepada kantor atau jawatan dengan melibatkan kantor pos.

2.      Buku ekspedissi intern (dalam kota) ini digunakan untuk mengirim surat kepada kantor atau jawatan dalam kota saja.

3.      Buku ekspedisi local yang digunakan untuk  membagi surat di dalam kantor masing-masing pihak yang di dalam sebuah kantor.

Kegunaan buku ekspedisi antara lain:

1.      Untuk menjamin keselamatan surat-surat yang dikirimkan ke kantor yang dituju.

2.      Untuk tanda bukti bagi pengantar surat, bahwa surat itu benar-benar disampaikan kepada yang bersangkutan


3.      Untuk menghormati yang dikirim.


Contoh buku ekspedisi:

No.

Tanggal Kirim

Surat yang diserahkan

Alamat

Tanda Tangan Penerima

Tgl

Nomor

Banyak

a

b

c

d

e

f

g

Keterangan:

a.      Untuk menulis nomor surat yang diserahkan

b.      Untuk menulis tanggal pembuatan surat yang dikirim

c.      Untuk menulis tanggal pembuatan surat yang diserahkan

d.      Diisi dengan nomor surat yang diserahkan

e.      Diisi menurut banyaknya surat yang diserahkan

f.       Untuk menulis kepada siapa surat itu diserahkan

g.      Tempat untuk membubuhkan tanda tangan bagi yang meneriam penyerahan, kadang-kadang pada kolom ini dibubuhi stempel dinas dan juga tanggal penerimaan.

semoga membantu ❤
Jangan lupa follow aku

2. Jelaskan yang dimaksud dengan"hubungan dengan surat lain"pada buku agenda surat keluar!​


Jawaban:

Berhubungan dengan surat lainnya


3. buku yang digunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar disebut


buku agenda.kalo gk salah ya

4. apa latar belakang anda tentang apliksi buku agenda surat masuk dan keluar


Dalam Pengelolaan surat di
lingkungan kedinasan ada dua surat
yang perlu pengelolaan yaitu surat
masuk dan surat keluar. Surat yang ada
di lingkungan kedinasan ada tiga yaitu
surat biasa, penting dan rahasia dimana
masing-masing mempunyai fungsi
sendiri-sendiri. Pada umunya dadalm
pengelolaan surat tersebut baik surat
keluar maupun surat masuk masih
dilakukan secara manual mulai dari
pencatatan, pengarsipan sampai pada
letak arsip. Hal ini akan mempersulit
bagi agendaris untuk mengelompokkan
mana surat yang biasa, penting dan
rahasia. Selain itu pekerjaan agendaris
menjadi tidak efektif.
Dari latar belakang itulah dan
untuk membantu seorang agendaris
penulis ingin merancang sebuah sistem
atau aplikasi yang dapat menghandel
semua pekerjaan agendaris mulai dari
pengkosepan, pencatatan dan
pengarsipan.
Melihat latar belakang yang ada
maka masalah yang akan diteliti adalah
bagaimana merancang sebuah aplikasi
yang dapat mengarsipkan surat masuk
dan surat keluar secara teratur efektif
dan efisien.
Dari permasalahan tersebut maka
penulis mengembangkan Suatu Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan
Keluar. Dalam sistem ini sudah tersedia
fasilitas konsep Surat pengantar jadi
agendaris tidak perlu lagi membuat
konsep secara manual selain itu sistem
ini dapat menyimpan secara otomatis
baik untuk agenda surat masuk maupun
surat keluar.
Dalam sistem ini haya terdapat satu
konsep saja yaitu surat pengantar, hal ini
disebabkan karena surat pengantar
sering digunakan oleh kanto-kantor di
lingkungan kedinasan karena setiap
surat yang kleluar diperlukan surat
pengantar.
Maaf klu salah

5. jelaskan proses penanganan surat keluar sistem buku agenda


pembuatan konsep
persetujuan konsep

6. untuk memonitoring surat keluar digunakan buku


Buku verbal atau buku agenda keluar

semoga membantu^^

7. buku agenda yang satu dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan satu buku agenda lainnya untuk mencatat surat keluar disebut buku agenda?


Buku agenda kembar
#maafkalosalah

8. mengenai proses surat masuk dan surat keluar sistem buku agenda dan kartu kendali?


Penanganan surat sistem buku agenda adalah suatu buku yang dipergunakan untuk mencatat surat-surat masuk dan keluar dalam satu tahun. 
Penanganan surat sistem kartu kendali adalah istilah lain yang sering dipakai untuk nama kearsipan pola baru. Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatn surat.
...semoga bermanfaat...

9. jelaskan pengertian pengurusan surat keluar dengan sistem buku agenda!​


Prosedur pengurusan surat masuk sistem buku agenda ialah sebagai berikut :

Penerimaan Surat, dalam menerima surat diterima oleh mereka yang biasanya bekerja di front office atau bagian depan kantor. Seperti karyawan yang bekerja sebagai satpam dan resepsionis. Adapun tugas dari penerima surat yaitu mengumpulkan surat yang masuk, meneliti ketepatan alamat surat, dan menandatangani bukti ekspedisi pengiriman bahwa surat sudah diterima.

Penyortiran Surat, yaitu surat dipisah sesuai dengan alamat dan jenis surat kepentingan yang dituju. Apabila surat yang diterima untuk pribadi, maka surat tersebut dapat diberikan langsung kepada yang dituju, namun apabila surat tersebut merupakan bersifat surat dinas menyangkut lembaga, perusahaan ataupun organisasi, maka surat tersebut langsung diproses lebih lanjut kepada kelembagaan tersebut.

Pencatatan Surat, dilakukan dengan pencatataan tersebut dengan menggunakan buku agenda, dengan cara membuka dan membaca isi surat tersebut guna mengetahui apakah isi surat tersebut merupakan surat rahasia, atau biasa. Apabila surat rahasia, petugas tidak boleh membuka dan membaca surat, terkecuali sudah diizinkan oleh pihak yang bersangkutan. Pencatatan surat ini sangat penting, karena untuk mengetahui jumlah surat yang masuk dalam kurun waktu tertentu baik dilihat dari setiap harinya, perminggu, bulan, dan tahun. Selain itu juga untuk memudahkan dalam menyimpan surat agar surat lebih mudah ditemukan. Setelah dilakukan pencatatan surat, selanjutnya petugas memberikan stempel agenda sebagai bukti atau tanda bahwa surat sudah dicatat. Selanjutnya petugas yang bersangkutan melimpahkan surat tersebut kepada pimpinan kantor dengan memberikan lampiran lembar disposisi guna mencatat instruksi pimpinan terkait dengan penanganan selanjutnya.

Pengarahan Surat, untuk menentukan pihak siapa saja yang akan memproses surat sesuai dengan permasalahan surat yang diterima. Pengarahan surat dilakukan oleh pimpinan, sebab pimpinanlah yang bertanggungjawab terhadap penanganan surat. Seorang pemimpin dapat menuliskan catatan instruksinya dalam lembar disposisi dan menuliskan siapa saja yang harus memproses surat selanjutnya.

Penyampaian Surat, setelah dilakukanya pengarahan surat kemudian surat tersebut diberikan kepada orang yang ditunjuk oleh pemimpin yang sudah ditulis pada lembar disposisi. Apabila orang yang ditunjuk lebih dari satu, sebaiknya surat tersebut digandakan sesuai jumlah yang dibutuhkan sehingga setiap orang yang ditunjuk memperoleh salinan suratnya. Saat surat telah diberikan kepada orang ditunjuk, maka yang menerima surat tersebut harus menandatangani bukti penerimaan surat dalam buku ekspedisi intern.

Penyimpanan Surat, apabila prosedur surat yang masuk telah selesai diproses, maka surat asli harus diberikan kepada bagian administrasi untuk disimpan dengan menggunakan sistem penyimpanan tertentu, seperti contohnya sistem abjad, subjek, wilayah, sistem nomor atau tanggal.

Pembahasan

Pengertian Pengurusan Surat Masuk

Pengurusan surat masuk merupakan suatu aktivitas pekerjaan dalam pengolahan surat menyurat yang dilakukan secara runtut, tertata dan sistematis dengan mengatur, mengelola pada bagian administrasi dalam sebuah kelembagaan, kantor maupun intansi.


10. buku yang dipergunakan menyampaikan surat keluar perusahaan disebut​


Jawaban:

Beberapa istilah dalam pengurusan surat sistem buku agenda yaitu: Buku verbal adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat surat keluar selama satu tahun. Disebut juga buku agenda keluar. Petugasnya disebut verbalis.

Good question!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


11. buku yang digunakan untuk memonitoring surat keluar disebut dengan?​


Penanganan Surat Sistem Buku Agenda

Penanganan surat sistem buku agenda adalah, sistem pengurusan surat menggunakan buku agenda dalam pencatatan surat masuk maupun surat keluarnya. Buku agenda adalah suatu buku yang dipergunakan untuk mencatat surat-surat masuk dan keluar dalam satu tahun. Petugas yang mengagendakan surat disebut agendaris.

surat sistem buku agenda

Buku agenda ada 3 macam;

Buku agenda tunggal/campuran adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan keluar sekaligus berurutan pada tiap halaman.

Buku agenda berpasangan adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk di halaman sebelah kiri dan surat keluar di sebelah kanan, atau sebaliknya dengan nomor urut sendiri-sendiri.

Buku agenda kembar adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar disediakan buku sendiri-sendiri.

Beberapa istilah dalam pengurusan surat sistem buku agenda yaitu:

Buku verbal adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat surat keluar selama satu tahun. Disebut juga buku agenda keluar. Petugasnya disebut verbalis.

Buku ekspedisi adalah buku yang dipergunakan untuk mengantar surat dan sekaligus sebagai tanda terima surat. Petugasnya disebut ekspeditor.

Buku arsip/klaper, yaitu buku yang dipergunakan untuk mencatat surat yang akan disimpan terbagi menurut kode-kode surat dengan nomor urutnya masing-masing.

Disposisi yaitu perintah pimpinan secara singkat yang berkaitan dengan penyelesaian isi surat masuk yang bersangkutan

Blanko konsep, yaitu blanko/formulir yang dipergunakan khusus untuk membuat konsep surat.

Blanko surat, yaitu lembaran kertas surat dengan kepala surat yang telah tercetak untuk membuat surat yang akan dikirimkan.

Taklik, yaitu suatu tanda (biasanya paraf) dari petugas yang bertanggung jawab meneliti surat keluar yang baru diketik sebelum ditandatangani oleh pimpinan.

Cap agenda, yaitu cap segi empat yang dibutuhkan pada surat masuk setelah dicatat pada buku agenda dan diisi menurut isian yang diperoleh dari buku agenda tersebut.

Prosedur penanganan surat masuk sistem buku agenda adalah sebagai berikut:

Penerimaan Surat

Penerimaan surat dapat dilakukan oleh mereka yang biasanya bekerja di bagian depan kantor atau front office, seperti satpam dan resepsionis (receptionist). Bahkan ada di perusahaan yang kecil penanganan suratnya dilakukan oleh resepsionis juga.

Kegiatannya mulai dari menerima sampai penyimpanan arsip, Karena tempat mereka memang ada di pintu masuk suatu kantor, maka apabila ada surat yang masuk, baik yang diantar oleh petugas pos maupun oleh seorang kurir, merekalah yang sering kali menerima surat.

Tugas penerima surat adalah:

mengumpulkan setiap surat yang masuk,

meneliti ketepatan alamat

menandatangani bukti pengiriman bahwa surat sudah diterima. Jangan sampai ada surat yang salah alamat. jika alamat tidak tepat, maka surat itu harus dikembalikan kepada petugas pos atau kurir. Tetapi jika sudah tepat maka surat itu harus diberikan kepada petugas di bagian tata usaha atau bagian administrasi.

Penyortiran Surat

Setelah surat diterima dari resepsionis selanjutnya surat dipisahkan berdasarkan alamat yang dituju. jika surat itu untuk perseorangan dan menyangkut masalah pribadi, maka surat dapat diberikan langsung kepada alamat yang dituju, tetapi apabila surat itu merupakan surat dinas karena menyangkut kepentingan perusahaan/organisasi, maka surat tersebut harus diproses lebih lanjut.

Pencatatan Surat

Pencatatan dilakukan dengan menggunakan buku agenda. Petugas dapat membuka dan membaca surat untuk mengetahui apakah surat tersebut merupakan surat dinas biasa, penting atau rahasia. Untuk surat rahasia, petugas tidak diperbolehkan membaca surat, kecuali sudah diizinkan oleh pimpinan.

Pencatatan ini sangat penting dilakukan, karena dapat diketahui volume surat masuk setiap hari, minggu, bulan, dan tahun. Juga memudahkan dalam penyimpanan sehingga surat akan lebih mudah ditemukan.

Berikut tampilan buku agenda tunggal yang digunakan diperus


12. Bagaimana prosedur penanganan surat keluar dengan sistem buku agenda


1.pembuatan konsep
2.persetujuan konsep
3.pencatatan konsep
4.pengetikkan konsep
5.pemeriksaan konsep
6.penandatanganan surat
7.pemberian cap dinas
8.melipat surat
9.penyampulan surat
10.pengiriman surat
11.penyimpanan surat
#semoga bermanfaat #

13. Buku agenda yang digunakan untuk mencatat surat masuk maupun surat keluar yang digabungkan menjadi satu secara berurutan disebut buku agenda a. Tunggal b. Berpasangan c. Surat Masuk d. Surat Keluar


Jawaban:

c surat masuk

Penjelasan:

maaf kalau salah

Jawaban:

C surat masuk

Penjelasan:

Jawaban yang benar


14. Pencatatan surat dapat dilakukan dengan menggunakan buku agenda. Buku yang digunakan untuk mencatat surat, baik surat masuk maupun surat keluar dalam satu format yang sama disebut buku agenda. . . A. kembar B. tunggal C. berpasangan D. kembar surat masuk E. berpasangan surat keluar bantu jawab ok secepatnya


Jawaban:

A.kembar

Penjelasan:

maaf jika salah semoga membantu


15. Apa tujuan buku agenda di dalam prosedur pencatatan surat masuk dan surat keluar​


Jawaban:

Buku agenda adalah suatu buku yang dipergunakan untuk mencatat surat-surat masuk dan keluar dalam satu tahun. Petugas yang mengagendakan surat disebut agendaris.

semoga bermanfaat ✨☁️


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Buku Surat Keluar"